Sawit Adalah Aset Negara


Industri sawit nasional dapat diperkuat melalui konsep Indonesia Incorporated. Dengan konsep ini, keberpihakan seluruh komponen bangsa sangat menentukan keberhasilan pengelolaan komoditas unggulan rakyat dari serangan isu negatif serta hambatan ekspor.

Pendiri Pusat Data Bisnis Indonesia (PDBI) Christianto Wibisono, Indonesia Incorporated adalah budaya kerja yang harus diwujudkan untuk pembangunan ekonomi dan upayanya konstitusional. Untuk itu, peran Presiden, Kepala Daerah dan para pemangku kepentingan sangat penting untuk membangun kesatuan ekonomi nasional yang terorganisir dan berdaya saing.

Lebih lanjut, Christianto menyarankan pemerintahan Jokowi perlu berusaha keras untuk mengamankan sawit dari citra negatif. “Perlu prioritas untuk memobilisasi dan memberdayakan semua aset yang ada dan merintis perbaikan ke arah pembangunan berkelanjutan,”tambahnya.

Seperti diketahui upaya perbaikan penguatan keberlanjutan kelapa sawit juga terus dilakukan oleh pemerintah. Salah satunya penyusunan penguatan Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) yang saat ini sedang lakukan bahkan statusnya ditingkatkan dari mandatori Kementerian Pertanian menjadi Instruksi Presiden (Inpres) sehingga akan memperkuat posisi perkelapasawitan baik di dalam maupun di luar negeri.

Selanjutnya, di tengah gencarnya kampanye hitam komoditas unggulan (kelapa sawit) yang mampu menopang devisa negara, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengajak pelaku industri kelapa sawit agar mengedukasi masyarakat untuk melawan propaganda mengenai minyak sawit. Edukasi akan memunculkan klarifikasi atas tuduhan pihak luar terhadap minyak sawit Indonesia.

Dengan kondisi demikian, lanjut Enggar, pemerintah akan terus melawan kampanye hitam dan persaingan tidak sehat terhadap minyak sawit Indonesia. “Untuk itu, pihaknya kerap bersuara dengan pihak Eropa mengenai diskriminasi terhadap sawit,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menambahkan, “Kemanapun saya pergi, tidak pernah lupa untuk mengampanyekan sawit sebagai aset  bangsa yang perlu dijaga bersama. Seharusnya tidak perlu ada arogansi kepentingan, karena semangat yang harus dibangun adalah kesejahteraan Indonesia.”

“Kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan sawit rakyat harus menjadi prioritas,” tegas Amran.

 

(Robi Fitrianto)

sumber: sawitindonesia.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *