RESIMEN MAHASISWA MAHAKARTA SATUAN POLITEKNIK LPP ANGKATAN I TAHUN 2018


MENWA TAHUN PERDANA

Tahun pertama merupakan tahun sakral yang paling bernilai dan berarti. Bertepatan dengan kalimat itu, tahun 2018 ini menjadi tahun yang istimewa bagi Politeknik LPP Yogyakarta yang baru resmi memiliki Resimen Mahasiswa kali perdana. MENWA ini merupakan hasil civitas akademik badan eksekutif mahasiswa bersama Bapak Rifa’i Rachman Saputro selaku Wadir III bidang kemahasiswaan, Bapak Saktiyono Sigit Pamungkas staf wadir III bidang kemahasiswaan, dan Bapak Achmad Toyibun selaku Presiden Mahasiswa, untuk mewujudkan peraturan pementintah berkenaan dengan setiap perguruan tinggi diwajibkan memiliki organisasi legal yang bergerak di bidang Bela Negara.

MENWA perdana ini beranggotakan tujuh pandawa yang karena semangatnya menjadi anggota dalam MENWA yang baru terbentuk ini. Mereka diantaranya addalah M. Sapril Sitepu, Agung Abdinoto, Wahyudi, Hendrikus Hendri, Dimas Ruan Dhanu, Jaka Prasetya, dan Achad Syafi’i.

Bapak Rifa’i mengatakan bahwa “Menjadi seorang anggota MENWA bukanlah suatu pekerjaan yang mudah melainkan penuh tantangan yang didalamnya diperlukan totalitas, loyalitas, serta tanggung jawab yang sangat besar untuk mengemban tugas dan amanah menjadi seorang pemuda sekaligus pejuang, menjadi pemikir sekaligus komponen cadangan untuk mempertahankan negara apabila dibutuhkan sewaktu-waktu jika terjadi situasi yang tidak terduga”.

Selayaknya di tahun pertama dengan dimulainya segala sesuatu yang baru, MENWA ini tidak terbentuk secara semerta-merta melainkan terdapat perjuangan keras dibaliknya. Banyak tahapan yang dilakukan melalui serangkaian proses yang harus dilewati untuk menjadikan calon pandawa tersebut menjadi anggota MENWA sejati.

gbr 2

Setelah dilakukannya seleksi terlebih dahulu di Politeknik LPP Yogyakarta, tahap pertama yang harus dilalui para calon pandawa ini adalah Pra Pendidikan Dasar yang merupakan sebuah kegiatan yang mana para calon anggota dibentuk dengan pembekalan materi awal yang dibutuhkan saat pelatihan. Dalam tahap ini bertepatan dengan tanggal 20 Februari 2018, Politeknik LPP bergabung bersama beberapa universitas lain yang juga melakukan hal serupa seperti STTA, dan STTNAS.

Selanjutnya pada kegiatan Pendidikan Dasar  yang diselenggarakan di Rindam IV Diponegoro Magelang yang diikuti oleh 22 universitas lainnya dengan tujuan untuk melatih fisik dan mental serta untuk dibina secara disiplin, pengarahan cara berkomunikasi atau memberi instruksi yang baik di depan khalayak ramai, cara bertahan dihidup di kondisi yang tidak memungkinkan seperti di hutan dan kehabisan bahan makanan, cara berfikir menyelesaikan masalah pada keadaan mendesak, dan yang paling penting adalah upaya dasar Bela Negara ini dilatih langsung oleh para TNI.

Rangkaian kegiatan terakhir yang dilaksanakan adalah berupa Pembaretan dimana kegiatan ini merupakan sebuah tradisi yang turun temurun. Kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan penutup dari serangkaian acara yang telah dilakukan.

Dengan serangkaian kegiatan tersebut, calon anggota MENWA yang dilatih sudah resmi dilantik sebagai anggota MENWA resmi yang siap dipulangkan kembali ke universitasnya masing-masing dan siap berdedikasi penuh untuk kampusnya serta tanah airnya. Adapun tugas dan tanggung jawab ketujuh anggota MENWA ini adalah sama seperti MENWA di wilayah kerja DIY ditambah tugas yang dibebankan oleh kampus.

gbr 1 gbr 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *