DESKRIPSI UMUM

Program studi Akuntansi DIII merupakan salah satu dari  5 (lima) program studi yang bernaung di bawah Politeknik LPP yang berlokasi di tengah kota Yogyakarta. Program Studi Akuntansi Politeknik LPP didirikan pada tahun 1997, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 66/D/O/1997. Program Studi Akuntansi terakhir kali terakreditasi oleh BAN PT dengan Nomor: 190/SK/BAN-PT/Ak-XIII/Dpl-III/IX/2013 dengan status akreditasi B.

Guna meningkatkan peran dalam rangka menyiapkan tenaga kerja menengah ke bawah dan dalam rangka mencerdaskan bangsa, berbagai upaya akan terus dilaksanakan sehingga dapat meningkatkan opini publik terhadap eksistensi program studi Akuntansi yang dibutuhkan keberadaannya dan diakui oleh publik (public trust) pada era persaingan pendidikan tinggi yang sangat kompetitif dan mengglobal.

Program  studi  Akuntansi DIII sebagai sebuah institusi  pendidikan tinggi memiliki 3 (tiga) tugas pokok tridarma perguruan tinggi yaitu, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat yang harus selalu berbenah diri dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas keluaran program studi agar dapat  mengembangkan  ilmu pengetahuan  dan  teknologi  sesuai  tuntutan  stakeholder  dalam era global. Upaya untuk mengetahui capaian dan kondisi kinerja program studi,

VISI

Mengacu pada visi Politeknik LPP yang ingin menjadi perguruan tinggi terbaik yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional di bidang perkebunan, Program Studi Akuntansi telah menyusun rencana strategis dan menetapkan visinya sebagai berikut:

 

  1. VISI :

“Menjadi program studi Akuntansi yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional sebagai teknisi akuntansi di Sub Sektor Agroindustri Perkebunan Pada Tahun 2020”.

MISI

Untuk mencapai visi di atas Program Studi Akuntansi, merumuskan misinya sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran yang adaptif terhadap perubahan, sesuai dengan standar kompetensi dan kebutuhan stakeholder didunia perkebunan (sektor agroindustri).
  2. Menyelenggarakan dan memfasilitasi penelitian dan atau kajian-kajian aplikatif di bidang akuntansi sesuai dengan perkembangan teknologi dan industri perkebunan
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan vokasi dan pemberian alternatif solusi permasalahan praktik yang ada diindustri perkebunan khususnya.
  4. Menjalin hubungan dan kerjasama yang harmonis dengan pemangku kepentingan guna pengembangan keahlian dan keilmuan.

KURIKULUM

DOSEN

PROFIL DOSEN YANG MENGAJAR DI PRODI (NAMA)

 

Dosen Tidak Tetap

SARANA LABORATORIUM

No

Nama Laboratorium
1 Lab. Komputer
2 Lab. Perpajakan
3 Lab. anggaran
4 Lab. Pengantar Akuntansi
5 Lab. Akuntansi Keuangan
6 Lab. RKAP
7 Lab. APP
8 Lab. Auditing

KERJASAMA

Program studi Akuntansi membuka seluas-luasnya untuk melakukan kerjasama maupun kemitraan dengan institusi luar yang berkompeten. Selama ini kerjasama dan kemitraan yang  dijalin dengan instansi lain banyak dilakukan dalam hal pemanfaatan lulusan, tempat praktek mahasiswa, dan narasumber industri. Selain itu program studi dan politeknik juga bekerjasama dalam bidang penelitian bersama.

 

Catatan : (*) dokumen pendukung disediakan pada saat asesmen lapangan

instansi luar negeri yang menjalin kerjasama* yang terkait dengan program studi/jurusan dalam tiga tahun terakhir.

KOMPETENSI LULUSAN

Luaran Lulusan

  1. Menguasai penyusunan laporan keuangan, laporan fiscal serta análisis laporan keuangan yang diterapkan di industri perkebunan
  2. Menguasai perhitungan dan penyusunan harga pokok dengan metode akuntansi biaya
  3. Menguasai análisis sistema pengendalian manajemen dan análisis pemeriksaan atas laporan keuangan (audit) yang diterapkan di industri perkebunan
  4. Mampu mengoperasikan komputer aplikasi software akuntansi dan administrasi di perusahaan perkebunan

Pelaksanaan pendidikan di program studi Akuntansi adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang adaptif sehingga mudah diserap oleh industri perkebunan.
  2. Menghasilkan lulusan yang mempunyai pengetahuan dan keterampilan di bidang akuntansi dan administrasi keuangan di sektor agroindustri perkebunan.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu berkomunikasi efektif dan menerapkan tanggung jawab etika, sosial dan profesi
  4. Menghasilkan penelitian atau kajian-kajian aplikatif di bidang akuntansi perkebunan
  5. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang memberikan kontribusi dalam pengembangan pendidikan vokasi dan pemberian solusi atas permasalahan yang sering terjadi dalam industri perkebunan khususnya.
  6. Menghasilkan hubungan yang baik dengan stakeholder untuk meningkatkan pelayanan di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat

PELUANG KERJA

Kerja sama dibidang pendidikan dan penelitian telah dilakukan dengan beberapa perusahaan dan instansi lain. Melalui institusi Politeknik LPP kerjasama dibidang pendidikan telah dilakukan oleh program studi, antara lain dengan: Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI), PTPN X (Persero), PTPN XI (Persero), PTPN XIII (Persero), PT Astra Agro Lestari, PT Great Giant Pineapple (Agri Group), PT Sinar Jaya Agro Investama, PT Bumitangerang Mesindotama, PT Teladan Prima Group, PT Sentra Usahatama Jaya, PT Musirawas Citraharpindo, Tafe NSW – Western Sydney Institute Australia, Universitas Janabadra, LPK Alfabank Yogyakarta, dan lain-lain.

Usaha kemitraan dengan pihak lain juga dilakukan melalui kegiatan pengabdian masyarakat dosen baik menggunakan dana hibah dari Dikti maupun dana dari sumber lain yang dikelola oleh unit pengabdian pada masyarakat politeknik. Usaha kemitraan inipun dirasa masih kurang dan perlu adanya usaha untuk menambah kemitraan dengan pihak lain.