DESKRIPSI UMUM

Program Studi Teknik Mesin Politeknik LPP (Terakreditasi B) memadukan antara kekuatan teori dan penguasaan aplikasi teknis melalui praktek di laboratorium maupun di lapangan serta mampu memberi solusi yang tepat atas problem yang terjadi di industri perkebunan terutama di bidang teknik perawatan mesin.

VISI

Program Studi Teknik Mesin Politeknik LPP mempunyai visi “Menjadi program studi teknik mesin yang mampu menghasilkan lulusan yang profesional di bidang teknik perawatan mesin industri”.

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi yang profesional dan relevan dengan kebutuhan industry
  • Menyelenggarakan proses pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi
  • Menghasilkan karya terapan yang berorientasi pada kebutuhan industri dan masyarakat
  • Menjalin hubungan dan kerjasama yang harmonis dengan pemangku kepentingan guna pengembangan keahlian dan keilmuan.

KURIKULUM

  • Program Studi Teknik Mesin menerapkan kurikulum berbasis KKNI yang disusun berdasarkan realita kebutuhan tenaga kerja terutama di industri perkebunan yang mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan bekerja di bidang teknik mesin khususnya perawatan mesin di industri perkebunan dengan didasari kemampuan pengoperasian dan perawatan mesin.
  • Program Studi Teknik Mesin Politeknik LPP dapat ditempuh selama 6 semester (3 tahun) atau sebanyak 120 SKS.

DOSEN

Staf pengajar terdiri dari dosen dan praktisi yang berpengalaman di industri perkebunan gula dan sawit. Dosen tetap program studi semuanya telah bergelar Magister (S2) dari dalam dan luar negeri.

SARANA LABORATORIUM

Konstruksi dan Las, Simulator Boiler, Perancangan & Komputer (CAD), Material, Perkakas, Pneumatik & Hidrolik, Prestasi Mesin, Teknik Tenaga Listrik, dan Instrumentasi & Kendali.

KERJASAMA

Instansi luar negeri: Rezeca Renewables Ltd. Singapura, Tafe Institute Australia

Instansi dalam negeri: PTPN I s.d PTPN XIV, PT RNI I, PT RNI II dan berbagai Instansi ternama dalam negeri

KOMPETENSI LULUSAN

Menjadi supervisor utilitas di bidang pengoperasian dan perawatan mesin industri, serta mampu melaksanakan pengawasan dan bimbingan sesuai bidangnya.

PELUANG KERJA

Lebih dari 80% lulusannya telah berkarya pada industri perkebunan BUMN maupun perusahaan besar swasta baik yang berskala nasional maupun internasional, industri manufaktur, industri pertambangan, dan instansi lainnya.