Pembekalan Calon Lulusan Politeknik LPP, Siap Sukses!

image_url

Guna mempersiapkan calon lulusan memasuki dunia kerja, Career Development Center (CDC) Politeknik LPP Yogyakarta menyelenggarakan pembekalan untuk calon wisudawan periode 2017 bertajuk “Strategi Sukses Memasuki Dunia Kerja.” Pembekalan kali ini dikemas dalam bentuk rangkaian pelatihan dan tes seleksi kerja yakni trial TPA, TOEFL dan Psikotes yang diselenggarakan pada 16 – 22 Agustus 2017. Pembekalan diikuti oleh 220 peserta yakni para mahasiswa tingkat akhir dari seluruh prodi yang ditargetkan akan lulus pada tahun ini dan mengikuti wisuda pada bulan Oktober mendatang. Peserta dibagi dalam beberapa kelas dengan harapan pembekalan ini dapat berjalan dengan lebih efektif dan para peserta memperoleh manfaat yang maksimal.

Diawali dengan trial TPA, para peserta tampak antusias mengerjakan soal-soal yang diberikan. Hasil trial TPA diumumkan pada pelatihan hari terakhir dengan 3 skor teratas diraih oleh T Afifah Syahputri (AKT), Arif Akbar Budiman (BTP DIV), M Andreas Widya Utomo (BTP D3) dan Fajar Tri Atmojo (AKT). Selanjutnya, para peserta mengikuti Pelatihan dan Simulasi Toefl yang diselenggarakan atas kerjasama CDC Politeknik LPP dengan Swift English School yakni sebuah lembaga pendidikan Bahasa Inggris non formal. Sunu Broto Laksono selaku area manajer Swift English School Yogyakarta hadir sebagai narasumber dalam pelatihan ini. Selama 3,5 jam penuh, para peserta mengikuti sesi pelatihan “Introduction to The Toefl Test” yang dilanjutkan dengan Simulasi TOEFL yakni meliputi Listening Comprehension, Structure and Written Expression, Vocabulary and Reading Comprehension. Para peserta nantinya akan memperoleh sertifikat Toefl Like yang dikeluarkan oleh lembaga Swift English School Yogyakarta.

Pelatihan tes kerja dan psikotes merupakan sesi terakhir dari rangkaian pembekalan bagi para calon wisudawan. Pelatihan untuk sesi ini terselenggara atas kerjasama CDC Politeknik LPP dengan Quantum Nusa Consultant yakni sebuah lembaga psikologi di Yogyakarta. Dalam mengikuti sesi ini, para peserta disyaratkan untuk membawa surat lamaran dan CV yang pada saat pelatihan langsung diberi feedback oleh Tim Psikolog Quantum Nusa Consultant. Sesi dimulai dengan psikotes yang berlangsung selama 3,5 jam meliputi beberapa jenis tes psikologi seperti tes kecerdasan, tes kepribadian, tes sikap kerja dan tes kepemimpinan. Sesi selanjutnya merupakan pelatihan tentang tips dan trik lolos seleksi psikotes, cara menyusun surat lamaran dan CV yang efektif serta tips dan trik menghadapi tes wawancara. Hadir sebagai narasumber pada sesi ini adalah Sugiarto, S.Psi.CHQ.,CTQN dan Ros Patriani Dewi, M.Psi, Psikolog dari Quantum Nusa Consultant Yogyakarta. Dengan mengikuti rangkaian pembekalan ini maka para calon lulusan diharapkan telah memiliki pengalaman mengikuti seleksi kerja sehingga lebih siap mengikuti tes seleksi kerja yang diselenggarakan oleh perusahaan-perusahaan dan pada akhirnya lulusan Politeknik LPP diterima bekerja di perusahaan-perusahaan perkebunan terkemuka di Indonesia. (LCP)

Leave us a Comment