Pengukuhan Pengurus IKAGI Cabang Jateng dan DIY 2016-2019, 9 Dosen Politeknik LPP Menjadi Pengurus Teras

image_url

Pada hari Sabtu (1/4/2017), di Kantor Pusat POLITEKNIK LPP di JL LPP no 1-A, Yogyakarta, telah dilakukan pengukuhan Pengurus Ikatan Ikatan Ahli Gula Indonesia atau IKAGI cabang Jateng dan DIY 2016-2019. Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Rembug Gayeng Ahli Gula yang membahas isu-isu terkini di dunia pergulaan Indonesia, khususnya mengenai kebijakan pemerintah untuk memberlakukan Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk gula konsumsi masyarakat.

Acara Rembug Gayeng dikemas menarik, dipimpin oleh Sekjen DPP IKAGI Pusat, Aris Toharisman dan dihadiri oleh insan pergulaan tanah air, baik dari unsur perusahaan, pemerintah, petani maupun akademisi. Jajaran yang hadir dan terlibat dalam Rembug Gayeng tersebut diantaranya para direksi perusahaan gula Dirut PTPN XI M. Cholidi, Dirut PTPN IX Budi Adi Prabowo, Dirut PTPN XIV Budi Hidayat, Dirut PTPN XII Berlino Mahendra, Direktur PT RNI Agung Murdanoto, Dirut PG Kebon Agung Sudibyo, Direktur PT Gendhis Multi Manis Rachmat Pambudy serta  direksi PTPN X Mustakim, dan lainnya.

Dari unsur Pemerintah hadir utusan khusus Menteri Pertanian yaitu staf Ahli Mentan Ani Andayani. Sedangkan dari unsur petani, HM Arum Sabil selaku ketua Dewan Pembina DPP Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI) Pusat, hadir khusus bersama ketum DPP APTRI H Abdul Wachid, yg juga sebagai anggota DPR RI Komisi VI. Dari akademisi diwakili oleh Direktur Politeknik LPP Ari Wibowo, Direktur P3GI Triantarti, beserta seluruh Dosen Politeknik LPP selaku tuan rumah.

Secara khusus undangan kehormatan Direktur Eksekutif DPP Asosiasi Gula Indonesia (AGI) Agus Pakpahan, dan Anggota Kehormatan IKAGI Adi Prasongko

Melalui asosiasi ini, diharapkan Politeknik LPP akan memiliki peran yang lebih strategis dalam meningkatkan kinerja industri gula nasional, baik melalui pemikiran, penelitian maupun pengembangan sumber daya manusia. Selama ini Politeknik LPP merupakan satu-satunya pendidikan tinggi yang menghasilkan para ahli gula yang tersebar di seluruh industri gula nasional.

Dalam Rembuk Gayeng tsb Membahas Tentang Kemelut Pergulaan Nasional, Efisiensi PG , Tataniaga Gula , Pembiayaan Petani, Saprodi, dan Penyelamatan P3GI. Salah satu poin penting dalam pertemuan tersebut adalah kejelasan informasi hal yang melatar belakangi kebijakan pemerintah untuk melakukan standarisasi harga gula, dan untuk menyikapinya diperlukan persatuan dan kebersamaan yang kuat diantara para pemangku kepentingan demi kejayaan industri gula nasional.

Apalagi dalam Rembuk Gayeng yang dimoderatori langsung oleh Sekjen DPP IKAGI, sedikitnya telah mampu menjadi ruang bersama untuk membahas permasalahan aktual di industri gula termasuk pertanian tebu.

Dalam pengukuhan pengurus IKAGI Cabang Jateng dan DIY, telah disusun kepengurusan dimana terdapat 9 Dosen Politeknik LPP yang menjadi pengurus aktif dalam susunan tersebut. Melalui asosiasi ini, diharapkan Politeknik LPP akan memiliki peran yang lebih strategis dalam meningkatkan kinerja industri gula nasional, baik melalui pemikiran, penelitian maupun pengembangan sumber daya manusia. Selama ini Politeknik LPP merupakan satu-satunya pendidikan tinggi yang menghasilkan para ahli gula yang tersebar di seluruh industri gula nasional.

Selepas acara tersebut, Direktur PT Gendhis Multi Manis (GMM), Rachmat Pambudy melakukan peninjauan ke fasilitas pembelajaran di Politeknik LPP, dimana PT GMM berencana untuk bekerjasama dalam peningkatan kompetensi SDM nya, melalui program pendidikan kelas khusus, pelatihan, rekrutmen dan pemberian beasiswa.

Dewan Pembina DPP APTRI Pusat HM Arum Sabil Juga memberikan dukungan yang kuat terhadap Politeknik LPP, dimana pendidikan pada bidang gula harus dilakukan secara khusus dan eksklusif dengan didukung oleh perusahaan-perusahaan sehingga dapat menjadi kawah candradimuka bagi calon-calon ahli gula seperti sekolah kedinasan pemerintah.

Selanjutnya Politeknik LPP mengucapkan Selamat dan Sukses kepada Pengurus IKAGI Cabang Jawa Tengah dan DIY Periode 2016-2019

 

SUSUNAN PENGURUS IKAGI JAWA TENGAH DAN DIY
PERIODE 2016 – 2019

Penasehat
Bp. Rachmad Edi Cahyono (PT. Madubaru)
Bp. Gunawan Ciptadi (LPP)
Bp. Budi Adi Prabowo (PTPN 9)

Ketua
Bp. RM Satrijo Wibowo (PTPN 9)

Wakil Ketua
Bp. Pranoto Hadi Raharjo (LPP)

Sekretaris dan Kehumasan
Bp. M. Fauzi Saputro (PT. Madubaru)
Bp. Rifai Rahman Saputro (LPP)

Bendahara
Bp. Aris Budi Widodo (LPP)
Bp. Aryono (PTPN 9)

Bidang Tanaman
Ibu Susilawardani (LPP)
Bp. Djoko Wahyudiono (PTPN 9)

Bidang Teknologi
Bp. Bambang Subekti ( PT. GMM)
Bp. Hariyanto (PT. Madubaru)

Bidang Teknik
Bp. Himawan Ratmanto (PT. Kebon Agung, Unit PG Trangkil)
Bp. Ari Wibowo (LPP)

Bidang Manajemen Bisnis
Bp. Yudhi Galih Pratama (PT. Kebon Agung, Unit PG Trangkil)
Bp. Pugar Indriawan (LPP)

Bidang Pengelolaan Lingkungan
Bp. Ivo Ferginanto (PT. Kebon Agung, Unit PG Trangkil)
Bp. Fathur Rahman Rifai (LPP)

Bidang Pengembangan Produk
Bp. Iwantara  (PT. Madubaru)
Bp. M. Mustangin (LPP)

Leave us a Comment