WORKSHOP INTERNAL PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN TAHUN 2021

workshop internal

Salah satu bentuk tugas dosen dalam melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi adalah dengan melaksanakan kegiatan penelitian atau menghasilkan karya ilmiah dari suatu kegiatan penelitian. Kegiatan penelitian dimaksudkan sebagai kegiatan dalam rangka membina dan mengarahkan para peneliti, baik dosen pemula maupun dosen yang telah banyak melakukan penelitian untuk tetap terus meningkatkan kemampuannya dalam pelaksanaan penelitian di perguruan tinggi.

Pada era globalisasi saat ini, tuntutan kegiatan penelitian dan luaran yang berkualitas sangat penting bagi perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Dosen/peneliti juga dituntut untuk menghasilkan jumlah dan mutu penelitian ilmiah yang berkualitas dan mencukupi. Oleh karena itu, adanya peningkatan pengetahuan dalam teknik penulisan proposal penelitian sangat diperlukan. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan tersebut adalah melalui Workshop Internal Penulisan Proposal Penelitian.

Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah salah unit di Politeknik LPP yang bertugas mewadahi bagi dosen-dosen tetap, baik yang ber-NIDN dan/atau NIDK untuk melaksanakan kegiatan penelitian dan publikasi karya ilmiah. Kegiatan Workshop Internal Penulisan Proposal Penelitian Tahun 2021 ini diadakan oleh UPPM dan telah dilakukan secara daring (online) selama 2 hari, yaitu pada hari Selasa -Rabu tanggal 8 – 9 Juni 2021. Kegiatan hari pertama adalah sharing dan diskusi materi oleh tiga (3) orang narasumber dari Direktorat Penelitian UGM. Ketiga narasumber, antara lain: (1) Prof. Dr. Mustofa, Apt., M.Kes; (2) Dr.sc.Tech. Adhy Kurniawan, S.T; dan (3) Ririn Tri Nurhayati, S.IP., M.Si., M.A., Ph.D. Setiap narasumber memberikan materi yang berbeda-beda. Adapun materi yang diberikan/disampaikan adalah tentang penggalian ide dan identifikasi masalah, desain dan perancangan penelitian serta teknik penulisan proposal penelitian lolos pendanaan. Kegiatan hari kedua adalah presentasi proposal dari masing-masing peserta. Dalam pelaksanaan presentasi, Dosen Politeknik LPP dibagi menjadi tiga (3) klaster yang dibedakan berdasarkan bidang keahliannya, yaitu: (1) Klaster Tanaman; (2) Klaster Keteknikan; dan (3) Klaster Gabungan prodi Akuntansi, Psikologi & Bahasa Inggris.

Adapun output dari kegiatan workshop penulisan proposal ini adalah meningkatnya pemahaman dan keterampilan dosen – dosen Politeknik LPP terkait proposal penelitian dan Teknik penulisannya. Selain itu juga mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas jumlah proposal penelitian para dosen yang akan diajukan untuk pendanaan hibah, baik dari DIKTI, industri, Pemkot Yogyakarta, dan/atau yang lainnya. Kedepannya, kegiatan pelatihan penulisan proposal penelitian diupayakan akan dilakukan secara rutin pada setiap tahun dengan target peningkatan jumlah proposal penelitian dari dosen Politeknik LPP yang mendapatkan dana hibah pendanaan dari eksternal.

Blog Attachment

Leave us a Comment