PENDAMPINGAN PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN TAHUN 2023

TC_00100

PENDAMPINGAN PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN TAHUN 2023

 

 

Pendampingan     Program SMK Pusat Keunggulan merupakan kegiatan pendampingan kepada SMK pelaksana Program SMK Pusat Keunggulan dalam melakukan manajemen perubahan SMK yang berbasis pada kebutuhan dunia kerja/dunia industri  yang dilakukan oleh perguruan tinggi pendamping. Kegiatan akan dilaksanakan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan Program SMK Pusat Keunggulan.  Politeknik LPP telah mendapatkan penugasan dari Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi sebagai tim pendamping SMK Pusat Keunggulan sejak tahun 2021 sampai dengan saat ini.

 

Direktur Politeknik LPP telah menugaskan tim yang handal yang berasal dari dosen-dosen program studi Teknologi Rekaya Industri Mesin, Teknologi Kimia Industri dan Pengelolaan Perkebunan untuk melaksanakan tugas pendampingan ini.

 

Tujuan Pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan

  1. Mendampingi manajemen sekolah dalam hal penyusunan perencanaan, implementasi dan evaluasi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan Transformasi SMK Pusat Keunggulan;
  2. Mendampingi manajemen sekolah dalam hal pengembangan kerja sama dengan mitra dunia kerja untuk mencapai hasil target luaran dan target dampak yang diinginkan.
  3. mendampingi kepala sekolah meningkatkan kemampuan manajerial dan kewirausahaan dalam pengembangan dan pengelolaan sumber daya sekolah berbasis data; dan
  4. mendampingi manajemen sekolah dalam hal kegiatan pengembanagan fisik (pembangunan gedung, perabot dan peralatan) dan/atau kegiatan nonfisik (sosialisasi, publikasi dll).

Berikut Daftar SMK yang Didampingi oleh tim Politeknik LPP dalam kurun waktu 3 tahun

No Tahun Pendampingan Nama SMK Provinsi Kab/Kota Sektor Kompetensi Keahlian
1 2023 SMK Negeri 1 Binangun Jawa Timur  Cilacap Permesinan dan Kontruksi Teknik Permesinan
2 2023 SMKN 2 Sragen Jawa Tengah Sragen Permesinan dan Kontruksi Teknik Permesinan
3 2023 SMKS Muhammadiyah 2 Sragen Jawa Tengah Gunung Kidul Permesinan dan Kontruksi Teknik Permesinan
4 2023 SMK Ash-Sholahuddin Dampit Jawa Timur Malang Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian
5 2023 SMKN 3 Madiun Jawa Timur Madiun Teknik Kimia Industri Teknik Kimia Industri
6. 2022-2023 SMK Taman Siswa Nangulan D.I. Yogyakarta Kulon Progo Permesinan dan Kontruksi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
7. 2023 SMK Al-Falah Pati, Winong Jawa Timur Sragen Permesinan dan Kontruksi Teknik Permesinan
8 2021-2022 SMK Insan Cendekia D.I. Yogyakarta  Sleman Permesinan dan Kontruksi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
9 2021-2022 SMKN 2 Wonosari D.I. Yogyakarta Gunung Kidul Permesinan dan Kontruksi Teknik Permesinan
10 2021-2022 SMK Muhammadiyah 1 Playen D.I. Yogyakarta Gunung Kidul Permesinan dan Kontruksi Teknik Permesinan
11 2021-2022 SMKN 2 Pengasih D.I. Yogyakarta Kulon Progo Permesinan dan Kontruksi Teknik Permesinan
12 2021-2022 SMK Maarif 1 Wates D.I. Yogyakarta Kulon Progo Permesinan dan Kontruksi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif
13 2022 SMKN 1 Gading Rejo Lampung Pring Sewu Permesinan dan Kontruksi Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

 

 

Kegiatan yang dilaksanakan dalam pendampingan antara lain :

  1. Melaksanakan koordinasi dengan unit pelaksana teknis yang membidangi Pendidikan vokasi, perguruan tinggi lainnya, dinas propinsi dan dinas terkait lainnya.
  2. Melakukan pendampingan pelaksanaan dan/atau pengawasan pembelajaran berbasis proyek (Teaching Factory)
  3. Melakukan pendampingan perluasan jejaring dengan industri/Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek (Teaching Factory), Praktisi Industri mengajar, guru magang, dan penyerapan lulusan.
  4. Melakukan pendampingan penyusunan panduan penggunaan dan pemeliharaan sarana prasarana (sarpras) SMK PK bersama industri/UMKM
  5. Melakukan pendampingan pengisian dan memanfaatkan hasil penelusuran lulusan (Tracer study) dalam memperkuat penatakelolaan SMK PK melalui penguatan Bursa Kerja Khusus (BKK) serta mendampingi sekolah dalam melaksanakan survei kepuasan industri terhadap lulusan
  6. Melakukan pendampingan perencanaan dan pelaksanaan fokus diskusi grup terpumpun (Focus Group Discussion) atau Sosialisasi pengembangan kerjasama industri bersama komite sekolah
  7. Melakukan pendampingan pelaksanaan pembelajaran dan proses evaluasi pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh pihak industri (praktisi mengajar/guru tamu).

 

Dalam tugas pendampingan ini tim pendamping juga melibatkan industri untuk bisa mengembangkan SMK Pusat Keunggulan terutama program link and match dan pengembangan teaching factory.  Sektor industri yang terlibat adalah permesinan dan konstruksi, industri otomotif, industri gula, industri pengolahan kopi dan industri lainnya.  Perusahaan yang telah berkontribusi dalam pengembangan SMK PK bersama Politeknik LPP PT Daihatsu, Toyot Nasmocoa, PT Solo Abadi, Sinergi Gula Nusantara PG Pagotan, UMKM pengolahan Kopi yang ada di Malang.

 

Hasil yang Diharapkan dari Pendampingan Program SMK Pusat Keunggulan

  1. Manajemen sekolah mampu melakukan penyusunan perencanaan, implementasi dan evaluasi serta melaporkan seluruh kegiatan yang berkaitan dengan transformasi SMK Pusat Keunggulan.
  2. Manajemen sekolah mampu mengembangkan kerja sama dengan mitra dunia kerja untuk mencapai hasil target luaran dan target dampak yang diinginkan.
  1. Peningkatan kemampuan manajerial dan kewirausahaan kepala sekolah dalam hal pengembangan dan pengelolaan sumber daya sekolah berbasis data.
  2. manajemen sekolah mampu melaksanakan kegiatan fisik (pembangunan gedung, perabot dan peralatan) dan/atau kegiatan non fisik (sosialisasi, publikasi dll) sesuai dengan rencana yang sudah disepakati secara baik, benar dan tepat waktu.
Blog Attachment