Kunjungan industri Prodi D3 Budidya Tanaman Perkebunan (BTP) ke Masyana Barokah Mulya (VCO Klentik Putih)

Screenshot_23

Kunjungan industri Prodi D3 Budidya Tanaman Perkebunan (BTP) ke Masyana Barokah Mulya (VCO Klentik Putih)

Kunjungan industri Prodi D3 Budidya Tanaman Perkebunan (BTP) ke Masyana Barokah Mulya (VCO Klentik Putih) yang beralamat di Jl Samas Km 18, Kramen, Warungpring Rt 04 Mulyodadi Bambanglipuro Bantul Di Yogyakarta telah dilaksanakan pada 25 Januari 2024 oleh mahasiswa Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP) yang didampingi oleh dua orang Asisten, Enny Putri Haryani dan Supandri.

Kegiatan kunjungan industri ke VCO Klentik Putih merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sebagai rangkaian dari mata kuliah BT Teh dan Kelapa dan bersifat wajib bagi mahasiswa BTP. Pengenalan industri skala home industri maupun skala company industri merupakan alternative bagi mahasiswa supaya memiliki wawasan luas dan keilmuan yang lebih tentang dunia industri dan menjadi bekal setelah menjadi alumni.

Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di VCO Klentik putih dimulai dengan penjelasan proses pembuatan VCO dengan metode pancing yang dijelaskan oleh Ibu Ana selaku Owner Masyana Barokah Mulya (VCO Klentik Putih). Kemudian dilanjutkan dengan praktek langsung oleh mahasiswa dengan bimbingan langsung oleh Bu Ana dan karyawan VCO Klentik Putih.

Adanya praktek langsung diharapkan mahasiswa akan memiliki pengalaman lebih dan merasakan langsung proses pembuatan VCO, sehingga mahasiswa memiliki pengetahuan dan mengerti tantangan membuat VCO.

“InsyaAllah, dengan kunjungan langsung ke Industri menjadikan kami sebagai mahasiswa BTP memiliki pengalaman dan pengetahuan yang lebih luas tentang industri, sebagai bekal bagi kami setelah lulus dari BTP Politeknik LPP” tutuk Adrian Maulana salah satu mahasiswa BTP yang mengikuti kunjungan industri ke VCO Klentik Putih.

Pendapat lain juga disampaikan oleh Mutiara mahasiswa yang berasal dari Sulawesi bahwa kunjungan ke VCO Klentik Putih lebih membuka wawasan dan pengetahuan serta menambah ilmu pengetahuan bagi dirinya yang berasal dari Sulawesi sebagai salah satu pulau penghasil kelapa terbanyak di Indonesia. Harapannya dapat menerapkan pengalaman dan pengetahuan tentang pembuatan VCO serta dapat membangun home industri VCO kelak setelah lulus dan kembali ke tanah kelahirannya. (muni)

Blog Attachment