Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri dan Teknologi Rekayasa Mesin Industri Perkebunan Politeknik LPP Yogyakarta siap bersaing dan unggul dalam dunia industri perkebunan Indonesia

AGN pertengahan 3

Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri dan Teknologi Rekayasa Mesin Industri Perkebunan Politeknik LPP Yogyakarta siap bersaing dan unggul dalam dunia industri perkebunan Indonesia.

Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Kimia Industri dan Teknologi Rekayasa Mesin Industri Perkebunan Politeknik LPP Yogyakarta siap bersaing dan unggul dalam dunia industri perkebunan Indonesia. Dalam rangka memenuhi Perkembangan dunia industri perkebunan Politeknik LPP meningkatkan Diploma tiga (3) menjadi Diploma empat (4) dengan berhasil memenuhi berbagai syaratnya seperti kerja sama dengan Dunia Usaha maupun Dunia Industri yang berkesinambungan untuk peningkatan kualitas pendidikan yang sesuai dengan demand dunia perkebunan sebagai calon tempat berkarir para lulusannya.

Politeknik LPP Yogyakarta sebagai salah satu pendidikan tinggi vokasi senantiasa berupaya meningkatkan kualitas di dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia terutama bidang Perkebunan, berbagai upaya terus dilakukan sehingga diharapkan dapat meningkatkan opini publik terhadap eksistensi kampus Politeknik LPP Yogyakarta di tengah era persaingan pendidikan tinggi yang sangat kompetitif. Salah satu upaya yang   dilakukan dalam menghadapi persaingan pendidikan tinggi ini adalah melalui program peningkatan kualifikasi jenjang dari program diploma tiga ke program sarjana terapan.

Pada tahun akademik 2023/2024 dua program studi diploma tiga telah meningkat menjadi program sarjana terapan, yaitu program studi Teknologi Kimia Diploma Tiga bertransformasi menjadi Program Studi Teknologi Rekayasa Kimia Industri (TRKI) Program Sarjana Terapan dan program studi Teknologi Mesin bertransformasi menjadi Program Studi Teknologi Rekayasa Mesin Industri Perkebunan (TRMIP) Program Sarjana Terapan.

Kerjasama yang baik antara Politeknik LPP Yogyakarta dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) menjadi salah satu point yang harus dipenuhi dalam salah satu persyaratan transformasi tersebut. Komitmen DUDI untuk terlibat dalam hal: penyusunan dan pengembangan kurikulum; penyediaan tenaga ahli sebagai instruktur atau dosen industri/praktisi; penyediaan tempat praktikum, praktik, magang, dan atau kegiatan lain yang sejenis, serta rekrutmen lulusan program Sarjana Terapan yang memenuhi persyaratan IDUKA menjadi salah satu hal yang sangat penting dalan transformasi ini.

Karakteristik bidang keahlian yang akan dikembangkan oleh Program Studi TRMIP yaitu di bidang teknologi rekayasa mesin khususnya sektor industri agro untuk komoditas kelapa sawit, tebu, dan teh, yang mencakup mesin utama pengolah hasil perkebunan beserta peralatan utilitasnya; baik dari sisi operasional, perawatan, dan perbaikan peralatan proses maupun pengembangan teknologi peralatan yang mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas peralatan proses produksi.

Sedangkan Program Studi TRKI dirancang  untuk menyiapkan lulusan yang dapat berkarir dalam bidang teknologi proses hasil perkebunan yang meliputi di dalamnya adalah pemahaman alat proses, operasional proses produksi, dan perancangan teknologi dan peralatan proses. Tujuan prodi ini adalah menyiapkan supervisor bidang proses di dalam industri, dan chemical engineer dengan penguasaan dasar teknologi kimia proses, reaksi kimia, teknologi proses perkebunan, dan operasional peralatan serta teknik perancangan teknologi/alat proses dengan melihat perkembangan teknologi secara berkelanjutan.

Kedua karakteristik di atas sangat sesuai dengan jati diri Politeknik LPP Yogyakarta sebagai institusi pengelola program studi yang fokus menciptakan sumberdaya manusia yang profesional dan berkarakter, serta siap bekerja di industri perkebunan.