Workshop Produk UMKM Berbahan Sawit kembali di gelar oleh BPDP Kelapa Sawit dan Politeknik LPP Yogyakarta di Kota Manado bersama Pelaku Usaha Manado

20240223_093809

Workshop Produk UMKM Berbahan Sawit kembali di gelar oleh BPDP Kelapa Sawit dan Politeknik LPP Yogyakarta di Kota Manado bersama Pelaku Usaha Manado


Workshop Produk UMKM Berbahan Sawit kembali di gelar oleh BPDP Kelapa Sawit dan Politeknik LPP Yogyakarta di kota manado bersama pelaku usaha manado. Workshop bertujuan untuk mengenalkan dan mengembangkan produk hilir kelapa sawit terus dilakukan Politeknik LPP Yogyakarta. Setelah berkeliling di beberapa kota Indonesia, kini giliran Manado, bersama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP KS), Unit Pengembangan Usaha Politeknik LPP menggelar workshop UMKM di Grand Whiz Megamas Manado, Jumat (23/2).
Para pelaku UMKM di Manado yang menghadiri pelatihan ini dibekali ilmu baru seputar produk berbahan kelapa sawit. Mulai dari peluang dan tantangan yang didapat hingga model pemasaran produk. Direktur Politeknik LPP yang diwakili Chief of Manager Operational (CMO) Unit Pengembangan Usaha Politeknik LPP Hartini menjelaskan, produk maupun limbah kelapa sawit jika diolah dengan benar memiliki potensi besar untuk menjadi nilai tambah, bahkan untuk daerah yang bukan pengembangan kelapa sawit. “Sulawesi Utara memang masih belum memiliki kelapa sawit. Itulah kenapa kami ingin memperkenalkan olahannya sehingga bisa menjadi produk UMKM yang bermutu. Yang menarik, limbahnya juga bisa ikut diolah,” tutur Hartini dalam sambutannya.

Senada diutarakan Chief Excecutive Officer (CEO) Unit Pengembangan Usaha Politeknik LPP Fitria Nugraheni Sukmawati. “Jika dikelola dengan tepat, olahan kelapa sawit dan limbahnya bisa menjadi produk UMKM yang bernilai ekonomis,” jelasnya.
Kegiatan ini juga turut dihadiri Asisten II Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Manado Atto Bulo, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Manado Tony Mamahit serta jajaran. Terdapat 50 peserta daru berbagai UMKM kota Manado yang terlibat dalam workshop yang diselenggarakan selama 2 hari, pada tanggal 23 dan 24 Februari 2024.