Seminar Gula “SUGAR INSIGHT 2024” oleh Politeknik LPP Yogyakarta dalam Mempersiapkan SDM Gula Indonesia yang Unggul

LPP08000

Seminar Gula “SUGAR INSIGHT 2024” oleh Politeknik LPP Yogyakarta dalam Mempersiapkan SDM Gula Indonesia yang Unggul

 

Seminar Gula “SUGAR INSIGHT 2024” oleh Politeknik LPP Yogyakarta dalam Mempersiapkan SDM Gula Indonesia yang Unggul. Seminar internasional di bidang teknologi gula yang bertajuk Sugar Inisight berhasil digelar oleh Politeknik LPP Yogyakarta bekerja sama dengan Bosch Rexroth, SED, LPP Agro Nusantara, IKAGI, dan AGI di Auditorium LPP Yogyakarta pada tanggal 29 Februari 2024. Kegiatan ini spesifik berfokus pada topik-topik yang berkaitan dengan perkembangan teknologi industri gula baik di Indonesia maupun di kancah internasional seperti kolaborasi pendidikan gula dan industri dalam mencapai target swasembada gula dan penyediaan bioetanol, peran penting pendidikan gula untuk perkembangan teknologi gula, pengembangan Pendidikan dan pelatihan gula untuk menyiapkan SDM pendukung industri gula, teknologi serta best practice di berbagai aspek industri gula seperti ekstraksi nira gilingan, efisiensi energi, teknologi terkini dan strategi dalam menguji SOC <40%, hingga otomasi yang mendukung geliat performa industri gula untuk bisa lebih optimal ke depannya baik di lingkup nasional hingga internasional.


Perhelatan prestisius ini dihadiri oleh deretan pembicara bergengsi yang sudah malang melintang di dunia industri maupun pendidikan gula baik nasional maupun internasional. Di antara para pembicara yang hadir yaitu Narendra Mohan Director of NSI kanpur India, Ramit Gupta Director Strategy SED Ltd. India, Aris Toharisman selaku Direktur Utama PT. Sinergi Gula Nusantara, Yadi Yusriyadi yang merupakan Tenaga ahli AGI, Syaiful Amri yang merupakan Assistant Manager of Human Resouces and General Affairs PT. RMI, Rakhmat Basuki yang menjabat Project and Application Manager PT. Bosch Rexroth Indonesia, M. Giri Prabowo selaku Kepala Bagian Instalasi PG. Krebet Baru I Malang, Gatot Yogiantoro selaku Direktur PT. Intekco Mekatronika Indonesia, serta Dimas Eko Prasetyo selaku SEVP Ops 1 SGN.


Selain materi yang terbungkus dalam format talkshow dan seminar panel, terdapat pula materi demonstrasi teknologi terkini yang bisa digunakan dalam mendukung performa industri gula. Presentasi materi ini langsung dibawakan oleh Bosch Rexroth yang sudah terpercaya di bidang aplikasi seluler, otomasi pabrik, pembuatan mesin, dan teknik. Dengan adanya gabungan antara pengetahuan baik secara tertulis maupun demonstrasi teknologi terbaru, diharapkan kegiatan ini bisa menjadi benchmarking serta titik transformasi bagi para praktisi gula untuk bisa mengembangkan industri gula di Indonesia menjadi industri terdepan dan terpercaya dalam menjadi salah satu agen penyumbang devisa negara terbaik sekaligus pendorong swasembada gula ke depannya.
Seminar internasional ini berhasil memukau 130 peserta yang terdiri dari para perwakilan dari industri-industri gula yang hadir dari seluruh wilayah di Indonesia, mahasiswa, hingga kalangan umum.

Blog Attachment