POLITEKNIK UNTUK NEGERI: Mengabdi Pada Negeri, Mengembangkan Desa yang Mandiri


Jumat (10/5),Mahasiswa Politeknik LPP Yogyakarta mengadakan pelepasan kepanitiaan PUN (Politeknik Untuk Negeri) yang bertemakan “Mengabdi Pada Negeri,Mengembangkan Desa yang Mandiri”, di halaman kampus Politeknik LPP Yogyakarta yang di hadiri oleh Wadir I bidang Administrasi dan Keuangan,Presma dan Wapresma,Ketua Pelaksana serta Seluruh Himpunan Mahasiswa Program Studi Diploma III dan Diploma IV serta UKM Departemen Akademik dan UKM KPPA. Kegiatan ini bertujuan untuk mengaplikasikan ilmu Mahasiswa di setiap bidang studi agar dapat digunakan langsung oleh masyarakat luas .

Dalam sambutan Bu Galuh,beliau mengatakan bahwasanya dengan di adakanya kegiatan POLITEKNIK UNTUK NEGERI ini, dapat menjadikan Mahasiswa Indonesia terkhusus Politeknik LPP sendiri dapat menjalankan Tridharma Perguruan Tinggi yang sangat di junjung tinggi di bidang pendidikan. Beliau juga berpesan agar kegiatan ini dapat berjalan sampai tahun-tahun berikutnya serta menjadi contoh di Perguruan Tinggi lainya.

Kegiatan ini berjalan selama 3 hari (11,12,13/5) di Dusun Danen,Kampung Kalen Sleman,Yogyakarta. Pada hari pertama (11/5) kegiatan di isi oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi di Masjid Al-Furqon  Dusun Danen,mereka mengajarkan bagaimana cara pembukuan yang baik dan benar dalam bisnis kewirausahaan baik di bidang dagang maupun jasa. Sasaran dari pembelajaran ini adalah para pemuda karang taruna yang awam dengan pencatatam akuntansi secara akuntabel dan relevan. Tidak hanya bentuk Teori saja,namun masyarakat di ajak langsung untuk praktek pembukuan dalam beberapa kasus transaksi sehingga masyarakat dapat mengerti bagaimana pencatatan yang sebenarya.

Sabtu,di hari ke dua kegiatan di isi oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia,Himpunan Mahasiswa BTP DIII dan Himpunan Mahasiswa Program Studi BTP DIV. Sebelum kegiatan lapangan di mulai,masyarakat di beri pembekalan Demonstrasi megenai Pupuk Organik,Biodisel serta Lubang biopori yang sangat bermanfaat hinga nantinya dapat di realisasikan oleh masyarakat sekitar dan dapat di ajarkan oleh masyarakat lainya.

HIMATEKIM memberikan pembekalan dan praktik bagaimana cara pembuatan pupuk kompos dengan bahan baku daun kering yang mudah di dapat di sekitaran rumah, Masyarakat juga di ajak untuk melakukan 3R (Reuse,Reduce,Recycle) agar daun kering yang selama ini menjadi tumpukan sampah bisa dimanfaatkan untuk menjadi pupuk kompos ramah lingkungan. Tidak hanya itu,masyarakat juga di ajarkan bagaimana cara membuat tempat sampah dari botol plastic bekas minuman mineral yang sangat bermanfaat agar masyarakat membuang sampah pada tempatnya dan kembali mempergunakan sampah plastic sebagai media yang bermanfaat.

Tidak hanya HIMATEKIM,HIMA BTP DIII dan HMPS BTP DIV membuat taman bunga dipekarangan Guyup Rukun Dusun Danen,mereka mengajarkan bagaimana mempergunakan bambu dan Ban bekas agar dapat menjadi sebuah taman yang cantik dan bernilai,serta bagaimana cara menanam dengan baik. Selanjutnya,UKM Departemen Akademik juga memberikan pembelajaran kepada anak anak TPA Dusun Danen agar terus semangat dalam belajar dan meraih cita-cita.

Pada Hari terakhir, Minggu (13/5) Mahasiswa dan Masyarakat mengadakan Gotong Royong bersama-sama untuk membersihkan Kalen dan sekitaran Dusun Danen yang di Pandu oleh UKM KPPA. Mulai dari membersihkan jalanan sampai membuang sampah-sampah plastic disekitaran kalen. Penutupan Kegiatan POLITEKNIK UNTUK NEGERI di hadiri oleh Direktur Politeknik LPP,Bidang Kemahasiswaan dan Alumni,Prema dan Wapresma,Ketua Pelaksana,Seluruh Himpunan serta Masyarakat Dusun Danen Kampung Kalen.

“Saya dan Mahasiswa saya berharap, apa yang di ajarkan oleh Mahasiswa-mahasiswa saya dapat menjadi sebuah ilmu yang sangat bermanfaat untuk Dusun Danen ini dan menjadi pembelajaran baru yang nantinya dapat diajarkan oleh masyarakat luas. Besar harapan saya juga agar Dusun Danen ini tetap maju dan terus mengembangkan Prestasi-prestasinya dan semangat dalam merealisasikan kampong sebagai tempat Ekowisata di Yogyakarta serta tetap menjaga silaturahmi antar desa dan Politeknik LPP”. Ucap Pak Ari Wibowo.

Ketua RT juga berpesan agar kegiatan POLITEKNIK UNTUK NEGERI ini tidak berhenti di sini saja,dan terus ada disetiap tahunya serta tetap mengembangkan Dusun Danen ini agar menjadi Ekowisata di Yoygakarta. Terima kasih juga untuk anak-anak Mahasiswa atas ilmu yang diberikan,dengan pasti ilmu ini akan sangat bermanfaat bagi kami sebagai masyarakat dan juga Dusun Danen ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *