Program Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Politeknik LPP Yogyakarta

LPP00235-1

             Program Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Politeknik LPP Yogyakarta dalam memperluas jaringan dan mempromosikan upaya pencegahan serta penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus dengan cara menggandeng Klinik Politeknik LPP Yogyakarta sebagai partner. Tanggal 1 November 2023 menjadi momen bersejarah pertama kali bagi Satgas PPKS Politeknik LPP Yogyakarta, Sebuah kegiatan yang bertajuk Pelatihan Kawan Satgas PPKS Politeknik LPP Yogyakarta Tahun 2023 #1 yang diadakan di Gedung Convention Hall PT. LPP Agro Nusantara sengaja diadakan untuk memberikan bedukasi terkait kasus kekerasan seksual yang ada di DIY, regulasi pemerintah yang mengatur serta menanganinya, hingga berbagai macam sub skills bagi para peserta yang merupakan perwakilan tiap kelas dari mahasiswa/i baru Politeknik LPP Yogyakarta dalam mendeteksi adanya kasus kekerasan seksual yang bisa saja terjadi. Perwakilan tiap kelas sengaja dipilih untuk menjadi garda awal pendeteksi kasus mengingat kemungkinan terjadinya kasus berasal dari lingkungan paling sempit yaitu kelas namun korban belum berani untuk melapor. Peran ‘Kawan’ inilah yang sekaligus sebagai target luaran dari pelatihan yang diadakan sengaja diupayakan oleh Satgas PPKS Politeknik untuk menambah akses bagi para korban maupun saksi selain dari kontak-kontak aduan yang telah dipromosikan selama ini untuk berani melapor. Maka dari itu, sebuah tema diangkat dalam kegiatan ini untuk meningkatkan semangat pemberantasan kekerasan seksual, yaitu ‘Buka Mata, Buka Telinga, Berani Bicara’.

Kegiatan pelatihan ini diisi oleh para pemateri-pemateri mumpuni yaitu Ibu Hera Aprilia, S.Kom., M.Eng. selaku Kepala Bidang Perlindungan Perempuan & Perlindungan Khusus Anak Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak & Pengendalian Penduduk (DP3AP2) DIY, Ibu Khotimatul Khoeriyah selaku Community Organizer Pengorganisasian Remaja Sekolah Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Kota Yogyakarta,  Bapak dr. Lukman Ade Chandra, M.Med., M.Phil selaku dokter klinik PLPP, Ibu Herlini Utari, M.Psi, Psi. selaku psikolog klinik PLPP, serta Ibu Arini Sabrina, M.Pd. selaku Ketua Satgas PPKS Politeknik LPP Yogyakarta.

Dalam kegiatan ini turut pula hadir Ibu Rina Ekawati, S.P., M.Si. selaku Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Satgas PPKS Politeknik LPP Yogyakarta, Bapak Oni Apriyanto, S.P., M.Sc. selaku Wakil Direktur III Politeknik LPP Yogyakarta Bidang Kemahasiswaan, Beasiswa, Alumni, dan Kerja Sama, serta Bapal Ir. M. Mustangin, S.T., M.Eng., IPM selaku Direktur Politeknik LPP Yogyakarta yang memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya, Bapak Mustangin mengingatkan kembali kepada peserta pelatihan terkait prestasi Politeknik LPP Yogyakarta yang mendapat penghargaan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi di tahun 2023 dengan kategori Satgas PPKS. Dari penghargaan itulah Bapak Mustangin mengapresiasi kegiatan pelatihan ini untuk kemudian menjadi salah satu bentuk nyata kinerja kampus yang loyal dalam upaya pencegahan serta penanganan kekerasan seksual di lingkungan perguruan tinggi.