Company Visit Mahasiswa Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP) DIII Politeknik LPP ke PT Perkebunan Teh Tambi Wonosobo dalam Rangka Program Mahasiswa Berorientasi Industri

WhatsApp Image 2024-01-27 at 16.54.14_e48d7eef

Company Visit Mahasiswa Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP) DIII Politeknik LPP ke PT Perkebunan Teh Tambi Wonosobo dalam Rangka Program Mahasiswa Berorientasi Industri

 

Company Visit Mahasiswa Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP) DIII Politeknik LPP ke PT Perkebunan Teh Tambi Wonosobo dalam Rangka Program Mahasiswa Berorientasi Industri. Puluhan mahasiswa semester III Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP) DIII Politeknik LPP mengunjungi PT Perkebunan Teh Tambi di Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Kunjungan mahasiswa tersebut dalam rangka melaksanakan Kunjungan Industri (Company Visit) mata kuliah BT Teh dan Kelapa dengan bobot 3 sks yang diampu oleh  Ir Galuh Banowati, M.Sc dan Retno Muningsih, S.P, M.Sc.

Kegiatan kunjungan indutri ini dilaksanakan pada tanggal 27 Januari 2024,  didampingi langsung oleh Ibu Retno Muningsih, S.P, M.Sc. beserta Asisten Dosen Eni Putri Haryani, S.Tr. dan Supandri, A. Md ke UP Tambi PT Perkebunan Teh Tambi Wonosobo yang saat ini dipimpin oleh Bapak Anang Asmoro, S.P.  “Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara Program Studi Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP) DIII Politeknik LPP dengan PT Perkebunan Teh Tambi. Sekaligus sebagai capaian dan luaran dari kegiatan ini diharapkan sejalan dengan IKU (Indikator Kinerja Utama) antara lain: IKU 2, yakni mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus. IKU 3, Dosen berkegiatan di luar kampus, dan IKU 6 kegiatan bermitra baik dengan mitra nasional maupun internasional. Bukan hanya itu saja, kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan dan pengalaman bagi mahasiswa Budidaya Tanaman Perkebunan (BTP) DIII Politeknik LPP, juga bagi Dosen dan Asisten pengampu mata kuliah BT Teh,” kata Retno Muningsih, S.P, M.Sc, selaku Dosen Pengampu BT Teh, ketika ditemui usai melaksanakan kegiatan kunjungan industri, Sabtu (27/01/2024).

Selain itu, Eni Putri yang mendampingi para mahasiswa kunjungan ke PT Perkebunan Tambi, menjelaskan, bahwa para mahasiswa diajak berkeliling PT Perkebunan Tambi mulai dari kebun produksi klon Gambung dan kebun produksi Klon Tambi Merah serta pabrik pengolahan teh hitam. Klon Tambi Merah (TB Merah) merupakan salah satu klon unggulan yang dibudidayakan di Perkebunan the Tambi. Kegiatan teknis budidaya yang disampaikan pada saat kunjungan industri antara lain: penjelasan tentang rumus petik, hama dan penyakit tanaman teh, gulma di tanaman teh, pembentukan bidang petik dengan metode sentring dan bending, dan lain-lain. Di pabrik pengolahan the diawali penjelasan di pelayuan pucuk, dilanjutkan ke penggulungan pucuk, sortasi basah, Oksidasi enzimatis, sortasi kering, packing serta pengenalan hasil teh yang telah diolah dengan great 1, great 2 dan great 3. Penjelasan tentang pemasaran teh yang telah dilakukan ke luar negeri ke beberapa negara antara lain India, Cina, Jepang dan Uni Eropa.

“Bahkan, sampai dengan model-model dan jenis-jenis teh yang sudah diproduksi tersebut, diperlihatkan dan dijelaskan oleh pihak PT Perkebunan Teh Tambi kepada kami serta diajak berkeliling areal kebun dan  dijelaskan langsung teknis budidaya di UP Tambi,” jelasnya.

Menurut salah seorang mahasiswa Kunjungan Industri (Company Visit) Felita, mengatakan, bahwa kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi diri saya pribadi maupun para mahasiswa lain karena bisa menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagaimana Teknik budidaya dan cara pengolahan teh hitam secara langsung serta pemasaran teh ke beberpa negara tujuan eksport.

“Bagi kami para mahasiswa, kegiatan ini sangat bermanfaat dan kami senang sekali bisa melihat secara langsung budidaya tanaman teh dan proses pengolahan teh yang benar dan cara memasarkan (pemasaran/marketing) dari teh yang sudah di produksi tersebut. Ini akan menambah wawasan baik secara langsung maupun tidak langsung,” tuturnya.

Selain itu, Sandi dan Bagus menambahkan, kegiatan Kunjungan Industri (Company Visit) ini merupakan bagian dari rangkaian agenda kegiatan rangkaian mata kuliah BT Teh dan Kelapa yang diselenggarakan di semester 3 dan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa BTP.

“Iya, ini masih satu rangkaian agenda 3 sks Mata Kuliah BT Teh dan Kelapa yang diampu oleh Ibu Ir Galuh Banowati, M.Sc.dan Ibu Retno Muningsih, S.P, M.Sc. Kunjungan Industri ini bisa dikatakan sebagai rangkaian penutup Mata Kuliah BT Teh dan Kelapa di akhir Semester Ganjil 2023/2024 dan kita dalam waktu dekat ini harus mempersiapkan laporannya sebagai bentuk pertanggungjawaban dari pelaksanaan kegiatan kunjungan tersebut,” pungkasnya.(Dhie)

Blog Attachment