Peningkatan Keakraban Keluarga Mahasiswa Politeknik LPP Yogyakarta, BEM – KM Arunika Sukses Melaksanakan Kegiatan Loka Karya

Lokakarya 1

Peningkatan Keakraban Keluarga Mahasiswa Politeknik LPP Yogyakarta, BEM – KM Arunika Sukses Melaksanakan Kegiatan Loka Karya.

Peningkatan keakraban Keluarga Mahasiswa Politeknik LPP Yogyakarta, BEM – KM Kabinet Arunika melaksanakan kegiatan Loka Karya pada 27 – 28 April 2024 yang berlokasi di Wisma Pasanggrahan PU Kaliurang, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewah Yogyakarta. Kegiatan ini menyasar peserta dari berbagai stekholder mahasiswa antara lain pengurus BEM – KM Kabinet Arunika, Pimpinan Organisasi Mahasiswa, serta Komandan Tingkat (KOMTING). Kegiatan ini sukses diikuti oleh lebih dari 50 peserta, melalui berbagai rangkaian acara yang bertujuan untuk meningkatkan keakraban peserta sehingga dapat terjalin relasi lintas program studi dan lintas organisasi mahasiswa.

Loka Karya sendiri berasal dari 2 suku kata, “loka” dari penggalan kata asmaraloka yang dalam bahasa sansekerta memiliki arti dunia (alam) cinta kasih, serta kata kedua yaitu “karya” yang menurut KBBI dapat diartikan sebagai hasil sebuah usaha, upaya, perbuatan atau ciptaan. Sehingga Loka Karya dapat diartikan sebagai implementasi bentuk ikhtiar teman – teman kabinet BEM – KM Arunika untuk menciptakan sebuah dunia atau ekosistem Keluarga Mahasiswa Politeknik LPP yang dipenuhi cinta kasih, tanpa sekat dan penuh hangat. Loka Karya awalnya dicetuskan oleh asa pikiran dan keresahan Kementrian Dalam Negeri BEM – KM Kabinet Arunika, yang mana ingin membentuk sebuah ruang lingkup yang hangat dan positif sehingga terciptanya ekosistem kekeluargaan yang baik di Politeknik LPP Yogyakarta.

Kegiatan diawali dengan Talk Show pembekalan Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Politeknik LPP Yogyakarta. Talk Show tersebut membahas mengenai cara pencegahan kekerasan seksual,  peningkatan kesadaran mahasiswa akan resiko kekerasan seksual, serta upaya menjaga lingkungan kampus yang sehat dan jauh dari perilaku kekerasan seksual. Talk Show tersebut dibawakan secara atraktif oleh pemateri Arini Sabrina, M.Pd selaku Ketua Satgas PPKS Politeknik LPP Yogyakarta dan ditemani oleh moderator Fachri Nur Hilmi selaku Presiden Mahasiswa Politeknik LPP Yogyakarta.

Loka Karya difokuskan untuk menumbuhkan keakraban keluarga mahasiswa Politeknik LPP Yogyakarta, moment ini berlangsung dengan banyak kebahagiaan dan kehangatan yang didukung oleh rangkaian kegiatan yang merangkul peserta seperti games hingga api unggun. Kegiatan api unggun menjadi salah satu yang paling berkesan bagi peserta, hal ini dikarenakan setiap peserta dapat menceritakan keresahan yang ada pada dirinya dan menjelaskan apa yang membuat dirinya kuat hingga diposisi saat ini. Panitia juga menyisipkan kegiatan Forum Grub Discussion (FGD) dengan topik “Peningkatan Keakraban Mahasiswa Baik Dalam Perkuliahan Maupun Organisasi”, Adapun diskusi dipimpin langsung oleh Wakil Presiden Mahasiswa yaitu Aditya Maulana selaku pemantik topik.

Kegiatan Loka Karya memberikan kesan yang cukup baik dan hangat diantara peserta, Febri Manurung sebagai delegasi HIMA BTP D – III menyatakan kegembiraanya dalam mengikuti kegiatan yang berlangsung selama 2 hari tersebut, Febri mengatakan bahwa kegiatan yang diadakan cukup berlangsung baik serta menyenangkan karena dibalut dengan moment yang membentuk kebersamaan antar peserta. Hendra Gloria selaku ketua panitia, menyatakan harapannya agar kegiatan ini tidak berhenti di BEM Kabinet Arunika saja, melainkan terus menjadi program kerja tahunan yang dapat mengukuhkan kehangatan persaudaraan antar keluarga mahasiswa Politeknik LPP Yogyakarta.

Kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Pasanggrahan PU Kaliurang ini merupakan kegiatan untuk meningkatkan keakrabaan keluarga mahasiswa Politeknik LPP Yogyakarta, kegiatan yang bertemakan “Menumbuhkan jiwa kekeluargaan untuk mempererat kekompakan dan menjadikan organisasi yang terstruktur” telah sukses diselenggarakan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan sinergi antar seluruh stekholder mahasiswaa di Politeknik LPP

Blog Attachment