Kunjungan Industri Program Studi Akuntansi ke Pabrik Coklat Monggo dan PT Madu Baru (PG Madu Kismo)

AKT 2

Kunjungan Industri Program Studi Akuntansi ke Pabrik Coklat Monggo dan PT Madu Baru (PG Madu Kismo)

Kunjungan Industri Program Studi Akuntansi ke Pabrik Coklat Monggo dan PT Madu Baru (PG Madu Kismo) dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 2024. Pabrik Coklat Monggo berlokasi di Jl. Tugu Gentong RT 03, Sribitan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta dan PT Madu Baru yang berlokasi di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kegiatan kunjungan praktik ini diikuti oleh 66 mahasiswa semester 2 dengan didampingi oleh pengurus Program Studi Akuntansi yaitu Bu Mahagiyani selaku Kaprodi, Bu Luci Paonganan selaku Sekretaris Prodi, Rama Aditiya Sardani selaku dosen baru, dan Rizaldy selaku Asisten Lab.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat secara langsung praktik dan proses bisnis perkebunan, khususnya dalam konteks produksi coklat. Selain itu, kunjungan ini juga bertujuan untuk memperluas pengetahuan mahasiswa dan mempersiapkan mereka untuk menjalani Praktik Kerja Lapangan (PKL) I, yang merupakan PKL perdana bagi mahasiswa tingkat I.

Kunjungan praktik yang pertama dimulai dengan mengunjungi Pabrik Coklat Monggo yang berlokasi di Jl. Tugu Gentong RT 03, Sribitan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul DIY. Kegiatan dimulai dengan penjelasan dari Mas Aziz, salah seorang staf di Pabrik Coklat Monggo, yang menguraikan proses pembuatan coklat monjong. Coklat monjong merupakan salah satu coklat yang spesial karena coklat ini diproduksi untuk acara-acara tertentu seperti acara ulang tahun. Setelah penjelasan yang disampaikan oleh Mas Aziz, mahasiswa diberikan kesempatan untuk merasakan proses pembuatan coklat monjong.

Setelah mencoba untuk membuat coklat monjong, mahasiswa diajak oleh Mas Stedy untuk mengetahui sejarah perjalanan Pabrik Coklat Monggo dan melihat secara langsung proses pembuatan coklat dari biji kakao mentah. Mas Stedy menjelaskan bahwa Pabrik Coklat Monggo berdiri sejak tahun 2005 dan didirikan oleh Thierry Detournay, seorang warga Belgia yang memiliki keahlian dalam pembuatan coklat. Setelah itu mahasiswa diberikan penjelasan mengenai sejarah coklat dan proses perjalanan bisnis Pabrik Coklat Monggo. Setelah melihat sejarah perkembangan Pabrik Coklat Monggo, mahasiswa diajak Mas Stedy untuk melihat secara langsung setiap tahap produksi coklat, mulai dari penggilingan biji kakao, pencampuran bahan-bahan, pembentukan coklat, hingga tahap akhir pengemasan.

Setelah melakukan kunjungan ke Pabrik Coklat Monggo, Mahasiswa Program Studi Akuntansi melanjutkan kunjungan praktik yang kedua menuju PT Madu Baru (PG Madu Kismo). Pabrik Gula Madu Kismo didirikan pada tahun 1955 atas prakarsa dari Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan menjadi tujuan kunjungan yang penuh inspirasi bagi para mahasiswa.

Kegiatan kunjungan praktik ini dimulai dengan presentasi yang disampaikan oleh Pak Budi. Pak Budi dengan jelas memaparkan proses pembuatan gula dari awal hingga akhir, memberikan gambaran komprehensif tentang rangkaian produksi di pabrik tersebut. Menariknya, Pak Budi menegaskan bahwa Pabrik Gula Madu Kismo mampu menghasilkan hingga 250 ton gula dalam sehari, hal ini menunjukkan kontribusi yang signifikan dalam industri gula nasional.

Setelah disajikan dengan pemaparan dari Pak Budi, mahasiswa diarahkan untuk menuju ke pabrik dengan naik kereta yang didesain khusus untuk tamu yang akan menuju Pabrik Gula Madu Kismo. Momen ini bukan hanya menjadi pengalaman yang dinantikan, tetapi juga menjadi awal dari petualangan mendalam mahasiswa untuk mengetahui secara langsung produksi gula. Sesampainya di pabrik gula, Pak Budi langsung mendampingi dan mengarahkan mahasiswa untuk mengelilingi Pabrik Gula Madu Kismo.

Selama mengelilingi pabrik, Pak Budi terus menjelaskan setiap tahapan proses pembuatan gula, dari pengolahan tebu hingga pengemasan gula siap jual. Mahasiswa dengan penuh perhatian mengamati setiap detail dari proses produksi yang dilakukan unutk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang operasional pabrik gula. Setelah mengelilingi pabrik gula, mahasiswa diajak untuk istirahat sejenak dan diberikan kesempatan oleh Bu Luci untuk memaparkan pengalaman yang didapatkan selama melakukan kunjungan praktik ke Pabrik Coklat Monggo dan PT Madu Baru (PG Madu Kismo).

Kunjungan praktik ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan pengetahuan teoritis mereka ke dalam konteks dunia nyata. Selain itu, diharapkan kunjungan ini juga dapat memberikan inspirasi bagi mahasiswa Program Studi Akuntansi untuk menjelajahi berbagai bidang industri terkait bisnis perkebunan dalam karir mereka di masa depan.