Kebun Karet Getas Semarang Dikunjungi Mahasiswa Prodi D3 Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik LPP Yogyakarta

Getas 1

Kebun Karet Getas Semarang Dikunjungi Mahasiswa Prodi D3 Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik LPP Yogyakarta

Kebun Karet Getas Semarang Dikunjungi Mahasiswa Prodi D3 Budidaya Tanaman Perkebunan Politeknik LPP Yogyakarta sejumlah 36 mahasiswa. Kunjungan lapang ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung dalam budidaya dan pengolahan karet, memperluas wawasan industri, dan memp ersiapkan mereka menjadi planters handal di masa depan.

Kebun Getas, yang dikelola oleh PTPN 1, merupakan tempat yang tepat untuk mempelajari seluk beluk industri karet. Di sini, mahasiswa disuguhi berbagai kegiatan menarik, mulai dari pembiibitan karet, penanaman karet (TBM dan TM), penyadapan getah karet, pengolahan getah karet, sortasi karet, hingga pengenalan dan pendidikan tentang keseluruhan proses budidaya dan pengolahan karet.

Mahasiswa berkesempatan untuk melihat langsung proses pembibitan karet, di mana bibit-bibit karet ditanam dan dirawat hingga siap ditanam di lahan perkebunan. Mereka juga mempelajari tentang tanaman belum menghasilkan (TBM) dan tanaman menghasilkan (TM), dua fase penting dalam budidaya karet.

Selanjutnya, mahasiswa menyaksikan proses penyadapan getah karet dengan teknik khusus untuk memastikan efisiensi dan kesehatan pohon. Getah yang telah disadap kemudian diolah di pabrik, melalui tahap-tahap seperti penerimaan latex, pemurnian, dan berbagai proses produksi hingga menghasilkan produk karet siap jual.

Setelah melalui proses pengolahan, karet disortir dan digolongkan berdasarkan kualitas dan jenisnya untuk memenuhi standar industri dan pasar. Mahasiswa mempelajari bagaimana proses ini dilakukan dan pentingnya menghasilkan produk karet yang berkualitas.

Kegiatan ini tak hanya memberikan pengalaman langsung, tetapi juga memperluas wawasan mahasiswa tentang industri karet. Mereka mendapatkan penjelasan tentang berbagai aspek terkait industri ini, seperti manajemen perkebunan, perencanaan, pemeliharaan kebun, manajemen sumber daya manusia, serta pengelolaan keuangan dan logistik.

Kebun Getas Pabelan Semarang tak hanya berfungsi sebagai perkebunan karet, tetapi juga sebagai pusat pembelajaran dan penelitian untuk budidaya dan pengolahan karet. Dengan kegiatan-kegiatan yang diadakan, kebun ini memberikan kontribusi signifikan terhadap industri karet nasional.

Kunjungan ke Kebun Getas menjadi pengalaman berharga bagi mahasiswa Politeknik LPP Yogyakarta. Mereka mendapatkan wawasan dan pengetahuan yang tak ternilai tentang dunia karet, yang akan mempersiapkan mereka menjadi planters handal di masa depan. (Dhie)